Thursday, October 14, 2010

Being a foreigners..

 Heeeey!! capek bgt nih hari ini. So, pagi ini ada latihan padus, jadi berangkatnya harus lebih cepet. Menjelang bunkasai* kita pada sibuk semua. Latihan nyanyi ada tiap pagi, dan latihannya cukup nguras energi.. hehe. Moga2 kelas gue bisa tampil deh tahun ini. Tahun lalu sempet kalah sama kelasnya guru music gue -_-
 Anyway, hari ini ada kelas JSL di Ikuta j.h.s (sekolah kedua gue di Jepang. Not actually my school sih, ini lebih kayak juku* gitu) Jadi tadi pas ditengah-tengah pelajaran ke-6 gue langsung izin pulang.. gk pulang ke rumah tapi langsung ke station, terus pergi ke Motomachi. 
 Nah, di Motomachi ini ada sekolah gue yg kedua itu, Ikuta j.h.s. Disini ada kelas JSL--kelas untuk murid foreigners. Kelasnya 1 stgah jam untuk ngebantu mahamin pelajaran di sekolah public. Rata2 yg orang asing yg ikut kelas ini orang china. Secara di Motomachi (China town) dan kalo gue perhatiin, emang orang china lah orang yg hard worker.. so no wonder mereka kesini. Orang China menurut gue itu haus ilmu.. dan gigih bgt, makanya banyak yg pinter. Gue salut sama mereka.
 Oh ya, di kelas JSL hari ini, Cho temen china gue ngasih tau ke Kimura Sensei (guru bhs jepang di kls JSL) ttg nilai midtest dia. OK, so.. kita para foreigners nilainya gk sebagus nilai anak jepang (iyalah) Disini.. kita dapet 20 (Dari 100) aja udah syukur alhamdulillah.. pinter2nya kita paling dapet 30an lah. Nah.. kalo si Cho.. dia bhs jepang dapet 51!!! IPS 46! Science 78!! aaaaah gilaaaaa. Nilai bhs jepang dia diatas 50.. genius bgt! bukan gimana tapi dia baru 1 stgah tahun tinggal dsini.. gue aja udh 2 tahun gk pernah dapet nilai 50 kalo bhs jepang. Gue selalu hilang semangat kalo tau hasil ulangannya Cho, wk -_-" Trus gue jg tanya lagi ke Omori (anak china lainnya disitu. Dia baru pindah beberapa bulan yg lalu malah dan bhs jepang dia bahkan.. let's say gk sebagus Cho. Soalnya di kelas dia ngomongnya bhs china terus, gk ngerti gue dia ngomong apa.) Si omori dapet 31 pas test japanese. Lama2 gue bingung, ini sekolah gue emang ngasih soalnya yg susah apa emang ni anak china pada pinter semua? gue rasa dua2nya bener. Sekolah emg bisa dibilang sekolah gue sekolah bagus.. isinya anak pinter semua, makanya pr nya banyak dan soal ujiannya susah2 -___-" Dan.. gue ngerasa paling bego dikalangan anak pinter. Ini yg gue rasain selama smp di Jepang. Sucks, yeah. Tp gue yakin kalo bhs jepang gue udh fasih, nilai gue bakal bagus, di atas rata2 Insya Allah. So,, gue gk boleh nyerah skrg.
 Pulangnya gue bareng sama Cho. Karena dia rumahnya di Sumiyoshi, searah sm gue.. jadi barengan. Keluar dari Ikuta j.h.s, di kereta, dan sampe sumiyoshi kita ngomongin ttg 1 hal. S E K O L A H. Gue tanya ke dia, gimana caranya supaya bisa dapet nilai tinggi. Dan ternyata jawaban dia "aku ikut juku" Dia bilang dia mau SMA di jepang jg, jadi mau gk mau dia harus belajar mati2an supaya dia bisa masuk SMA bagus disini. Gue rasa she's staying in Japan.
 Cho bilang ada juku yg bagus, namanya ST. Itu juku #1 di.. kobe(?) dan katanya anak2 yg ikut juku disitu rata2 pada masuk ke Kobe University. Wow. Cho gk berhasil masuk situ, jadi dia masuk ke juku #2 terbagus di Kobe. Gila. Udh gitu dia jukunya gk private. Melainkan sekelas sama Japanese lain. That means.. it's very very hard. Sensei di juku itu pasti ngajarin mereka pake bhs jepang yg susah (formal) Sementara kosakata Cho belum begitu banyak. Dan pasti dia di treat kayak anak jepang biasa. Gue bener2 salut dia bahkan inisiatif ikut juku kayak gitu.
 Beberapa menit kemudian, setelah nyampe di Sumiyoshi, gue say goodbye trus naik Rokko Liner (kereta yg kearah pulau gue). Disini gue ketemu kak Ai (Yamano Ai. Alumni sekolah gue half indonesia) kita ngobrol2 gitu. Gue undang dia ke bunkasai di sekolah gue. Kebetulan dia dulu leader di club gue (Art club) jadi pasti tertarik buat ngeliat karya penerus Art club :P Oh ya, kita ngomong pake bhs indonesia. Hihi lucu denger dia ngomong bhs indonesia. Bhs indonesianya gk lancar bgt sih tapi lumayan ngerti gitu jadi asik :D
 Trus pas nyampe di Rokko Center (tempat tinggal gue) gue ketemu anak CA (canadian academy) CA itu satu2nya international school yg ada di Rokko Island. Tadinya gue mau masuk situ, tapi dikarekan biayanya.. zzz bgt dan kalo misalnya masuk situ japanese gue gk bakal kepake, akhirnya gue masuk public school. Tp kayaknya enaknya international school isinya foreigners dari berbagai macam negara, jadi kita semua ngerasain hal yg sama. Rasanya tinggal di negeri orang, mereka semua pasti tau. Dan gk ada kendala bahasa. They all speak english. Well, public school it tougher, and my mom said that it's good for me cause it'll make me strong. True. Yet it's painful sometimes.
 Ok segitu dulu aja deh, hehehe. Kapan2 gue cerita lagi. Gue bener2 capek hari ini. There's still one more day to go. Haah ganbaree atashi! yosh, goodnight everyone. Hope you had a nice day :)

* juku(塾): Kayak primagama gitu. Ngebahas pelajaran sekolah biar lebih ngerti.
* bunkasai(文化祭): Art Festival (ada tiap semester ke-2 pas musim gugur di sekolah jepang)

No comments:

Post a Comment